Prof. Dr. Kuntaman, dr., MS., Sp.MK-K

Berpacu menjadi yang terbaik

Mengapa seorang pasien sering kali minta disuntik saat berobat?

diposting oleh kuntaman-fk pada 29 January 2012
di Umum - 1 komentar

Setiap penyakit infeksi, hampir selalu ditandai dengan panas badan, yang mencerminkan adanya reaksi inflamasi atau peradangan di dalam tubuh. Panas badan ini sering disertai sakit badan dan kepala pusing/sakit kepala. Hal ini yang menyebabkan seorang pasien datang ke dokter.

Masyarakat pada umumnya, khususnya yang berpendidikan makin rendah, datang ke dokter terutama untuk menghilangkan rasa sakit, jarang sekali memikirkan mengapa sakit ini timbul, dan mereka umumnya ingin segera penyakitnya hilang.

Obat suntik terbanyak adalah untuk menghilangkan rasa sakit atau panas ini, disamping ada juga suntuikan tersebut adalah antibiotika. Pasien yang mendapat suntikan penghilang rasa sakit akan segera merasakan sakitnya hilang, yang kemudian diteruskan dengan obat yang diminum. Di sinilah mengapa kebanak pasien minta disuntik saat datang ke dokter.

Namun pemberian obat suntik bukan tanpa resiko. Resiko terberat adalah reaksi anafilaktik, dimana seorang pasien mengalami shock, bahkan sampai tidak sadarkan diri. Hal ini jika tidak segera ditolong bisa membahayakan jiwa. Juga sering akibat suntikan berakibat abses, yang bisa berakibat lebih berat daripada sakitnya sendiri. 

Karena itulah jika seorang pasien memang bisa diatasi dengan obat yang diminum, sebaiknya obat suntik dihindari. Walaupun hilangnya rasa sakit sedikit lebih lambat, toh tidak terlalu lama, paling selisih 2-3 jam, namun jauh lebih aman dibanding diberikan suntikan.

Untuk mengatasi hal tersebut, kiranya pendidikan bagi para pasien sangat penting, untuk tidak selalu minta suntikan, kecuali darurat, misalnya sakit batu ginjal yang rasanya sangat sakit sekali, disini seorang dokter biasanya memberikan suntikan.

Kuntaman

1 Komentar

Jasa Outbound Surabaya

pada : 25 November 2015


"Saya senang sekali menemukan postingan anda dan bisa ikut memberi komentar menurut saya sangat berharga sekali bisa membaca tulisan anda, dan pada kesempatan ini akan saya manfaatkan untuk sumber referensi saya
Terima kasih banyak telah berbagi, saya berharap anda terus semangat menulis topik selanjutnya
http://outboundmalangpaketoutboundsurabaya.blogspot.co.id
https://www.youtube.com/watch?v=k_EZCgj73v0"


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :